Viral Video Bocah ‘Keselek’ Rambutan, Begini Cara Membantu Orang Tersedak

Viral Video Bocah ‘Keselek’ Rambutan, Begini Cara Membantu Orang Tersedak

Viral sebuah video yang memperlihatkan seorang anak yang tersedak karena buah rambutan.

Anak tersebut tampak sedang membuat video bersama ketiga temannya yang lain sampai suatu ketika ia berhenti dan nampak kesulitan untuk mengeluarkan sesuatu dari dalam mulutnya.

Dari video yang diunggah akun @brgsjks, bocah itu beruntung karena berhasil mengeluarkan buah rambutan yang membuat ia tersedak.

"Untung selamet lu tong," kata salah satu netizen yang menyaksikan video tersebut.


Sebelumnya, Dr dr Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), konsultan bedah kepala leher dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan kasus tersedak adalah kasus emergensi atau gawat darurat. 

Segala macam benda asing atau makanan yang menyumbat saluran napas harus segera dikeluarkan agar tidak mengancam nyawa.

Kebanyakan orang refleks menepuk-nepuk punggung orang yang tersedak makanan ketika mereka batuk padahal sebenarnya seharusnya tidak boleh.

"Sebenarnya proses batuk itu bertujuan mengeluarkan cairan benda asing yang masuk atau menyenggol saluran pernapasan, jadi batuk itu proses proteksi jalan napas, tidak boleh dihentikan ketika orang tersedak. Teknik Heimlich Maneuver (dengan cara menekan perut orang tersedak kuat-kuat, biasanya dilakukan dengan memeluk orang tersebut dari belakang) juga bisa digunakan sebagai teknik jika tersedak dengan kondisi sumbatan total pada saluran napas," katanya.

Kepada detikcom, dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta, juga pernah menjelaskan mengenai cara tepat untuk melakukan Heimlich Maneuver.

"Si penolong berdiri di belakang korban. Kedua tangan dilingkarkan di atas perut korban, dengan tangan kanan mengepal dan tangan kiri menggenggam tangan kanan. Lalu hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar," urai dr Agus.

Sumber: detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan