Manfaat Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw

Manfaat Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw

Terdapat banyak riwayat yang menerangkan keutamaan bershalawat kepada Nabi Saw., baik riwayat berupa hadis Nabi Saw. maupun berupa kalam para ulama.

Menurut Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki, pena dan buku tidak akan mampu menghimpun keutaman bershalawat kepada Nabi Saw. 

Perkataan Sayyid Muhammad ini tidak berlebihan karena memang Nabi Saw. orang pilihan yang dimuliakan oleh Allah.

Bershalawat, selain sebagai perintah secara langsung dari Allah—yang Dia dan para malaikat mencontohkannya—juga memiliki banyak keutamaan yang akan diperoleh oleh orang-orang yang membacanya.

Pertama, dijanjikan pahala berlipat. 

Hal ini sebagaimana riwayat al-Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata:

ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻲ ﻋَﻠَﻲَّ ﺻَﻼَﺓً ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻋَﺸْﺮًﺍ

Artinya; “Nabi Saw bersabda; barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali”.

Kedua, dosanya diampuni Allah sesuai kecintaan dan keikhlasannya dalam membaca shalawat kepada Nabi Saw. 

Al-Imam al-Thabrani dan Abi ‘Ashim meriwayatkan hadis dari Abi Kahil, dia berkata:

ﻗَﺎﻝَ ﻟِﻲْ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﻳَﺎ ﺍَﺑَﺎ ﻛَﺎﻫِﻞ، ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻲَّ ﻛُﻞَّ ﻳَﻮْﻡٍ ﺛَﻼَﺙَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ ﻭَﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠﺔَ ﺛَﻼَﺙَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ ﺣُﺒًّﺎ ﻭَﺷَﻮْﻗًﺎ ﺍِﻟَﻲَّ، ﻛَﺎﻥَ ﺣَﻘﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺍَﻥْ ﻳَﻐْﻔِﺮَ ﻟﻪ ﺫُﻧُﻮْﺑَﻪ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﺍْﻟﻴَﻮْﻡَ .

Artinya; "Nabi Saw. berkata kepada saya; Wahai Abu Kahil, barang siapa bershalawat atasku setiap hari tiga kali dan setiap malam tiga kali karena kecintaan dan kerinduan kepadaku maka hak atas Allah untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam itu dan hari itu”.

Ketiga, dikabulkan doanya. 

Dalam hadis riwayat al-Imam Ahmad, Nabi Saw bersabda; “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi Saw. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki”.

Dalam hadis yang lain riwayat al-Thabrani, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya”.

Keempat, dikumpulkan di surga bersama Nabi saw. 

Dalam hadis riwayat al-Tirmidzi, Nabi Saw bersabda; “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku “.

Kelima, mendapatkan syafaat Nabi Saw. 

Dalam hadis riwayat al-Muslim, Nabi Saw. bersabda; “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.”

Inilah sebagian riwayat yang menjelaskan keutamaan bershalawat kepada Nabi Saw.

Masih banyak riwayat lain yang tidak mungkin disebutkan semua disini. 

Semoga Allah memudahkan kita semua untuk senantiasa membaca shalawat dan salam kepada Nabi kita, Nabi besar Muhammad Saw.


data-matched-content-rows-num="3" data-matching-content-columns-num = 3 data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">

Subscribe to receive free email updates: