Inilah Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

 Inilah Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

Menurut Badan PBB yang menangani masalah pangan dan pertanian, singkong (Manihot Esculenta Crantz) merupakan sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung, terutama di daerah tropis seperti di Asia, Afrika dan dan daerah Amerika Latin.

Selain umbi singkong yang Anda biasanya makan sebagai gorengan, apakah Anda mengetahui manfaat daun singkong untuk kesehatan?

Masyarakat Indonesia sendiri memanfaatkan singkong sebagai bahan makanan dan sebagai sumber pendapatan.

Semua bagian dari tanaman singkong mempunyai manfaat masing-masing. Mulai dari batang, akar, hingga daun dapat diambil manfaatnya.

Apa saja manfaat daun singkong?

1. Sumber tenaga

Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga atau energi yang bermanfaat untuk manusia.

Zat asam amino esensial ini membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas.

2. Metabolisme tubuh

Daun singkong mengandung banyak protein dan kaya akan sumber protein nabati. Protein nabati yang di dalamnya banyak mengandung vitamin B ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh.

Sel-sel tubuh akan membentuk enzim-enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.

3. Sumber antioksidan

Daun singkong menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik dalam mencegah serta membuang zat-zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

4. Diet

Manfaat daun singkong yang satu ini, pasti disetujui oleh banyak wanita. Daun Singkong sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet.

Selain dari kalorinya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.

5. Regenerasi sel tubuh

Asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia.

Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

6. Pencernaan

Anda pasti sudah mengetahui bahwa serat sayuran sangat baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia.

Daun singkong mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh manusia. Jika Anda mengonsumsi daun singkong, pencernaan dalam tubuh menjadi semakin baik.

Sekarang, Anda sudah tahu kandungan dan manfaat dari daun singkong.

Cukup masukkan dalam menu harian Anda dan keluarga untuk menikmati berbagi manfaat mengonsumsi daun singkong.

Sumber: hellosehat.com




Subscribe to receive free email updates: