Inilah Sosok Muadzin yang Meninggal di Terjang Tsunami Saat Mengumandangkan Azan Maghrib

Inilah Sosok Muadzin yang Meninggal di Terjang Tsunami Saat Mengumandangkan Azan Maghrib

Indonesia masih diselimuti oleh duka setelah gempa tsunami Palu meluluhlantahkan bumi Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018).

Gempa berkekuatan 7,4 SR menjadi pemicu terjadinya ombak tsunami setinggi 1,5 - 3 meter yang kemudian menyapu harta dan nyawa warga Palu, Sulteng.

Seperti halnya sebuah bencana yang selalu meninggalkan cerita duka perihal kehilangan orang tercinta, gempa tsunami Palu juga membawa pilu yang sama.

Sebelumnya, ada seorang petugas ATC bernama Athnonius Gunawan Agung yang gugur setelah memastikan pesawat Batik Air lepas landas dengan selamat.

Kemudian, ada anggota polri bernama I Gede Kade Sukamiarta, yang meninggal saat bertugas menjadi tim pengamanan Festival Palu Nomoni.

Kali ini ada jenazah yang ditemukan di Masjid Agung Darussalam Palu, diketahui seorang pemuda yang sedang mengumandangkan azan Maghrib saat gempa dan tsunami menerjang.

Pemuda itu adalah Agil Abil seorang mahasiswa S1 Jurusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Ia diketahui meninggal setelah mendapatkan terjangan gempa dan tsunami saat sedang mengumandangkan azan.

Agil memilih tinggal untuk menyelesaikan tugasnya tersebut meskipun jemaah masjid sudah berlari meninggalkan tempat ibadah umat Islam tersebut.

Saat azan selesai, Agil ditemukan meninggal dunia setelah tertimpa reruntuhan masjid.

Kabar duka meninggalnya Agil ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Ronal Elsrasyid pada Minggu (30/9/2018).

"Akhi Agil ababil (Kader KAMMI Palu) sdh dipanggil Allah swt. Beliau meninggal saat Ingin menyelesaikan Azan nya meskipun semua jamaah sdh pada lari keluar Masjid dan saat azan telah selesai beliau kumandangkan, Allah panggil beliau sebagai salah satu Hadiah karna telah berjuang memanggil Umat. Selamat jalan , teman seperjuangan kami .. Semoga Amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT .. Amin .."

Sontak, unggahan tersebut langsung mendapatkan 19 ribu komentar dan telah dibagikan 9,6 ribu kali.

Kabar meninggalnya Agil juga sampai ke telinga Ustaz Yusuf Mansur, ternyata Agil merupakan anggota dari bisnis PayTrens milik ustaz kondang tersebut.






Subscribe to receive free email updates: