Ternyata Buah Markisa Mempunyai 5 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata Buah Markisa Mempunyai 5 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Buah markisa biasa diolah jadi minuman atau kreasi dessert. Tidak cuma rasa yang enak, buah markisa juga punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Markisa terkenal sebagai buah yang manis asam, menyegarkan sekaligus juicy. Konsumsinya ternyata juga bermanfaat bagi tubuh.

Lebih baik lagi dimakan bersama bijinya untuk menambah kandungan serat. NDTV (12/6) menjabarkan beberapa manfaat dari markisa.

Markisa punya indeks glikemik (IG) rendah dan kandungan serat tinggi (10,4%). Ini buah yang baik untuk mempertahankan kadar insulin bagi penderita diabetes.

Diabetes Specialist asal India, Dr. Sandhya Mishra, mengatakan buah markisa tinggi serat seperti pektin yang bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa meningkatkan asupan kalori.

Antioksidan dikenal baik untuk kulit. Markisa punya banyak jenis antioksidan seperti Vitamin A, Vitamin C, riboflavin dan karoten.

Antioksidan ini mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dihasilkan oleh sel tubuh sebagai produk sampingan dan bisa menyebabkan penuaan kulit. Sifat anti-inflamasi dari markisa cenderung bisa meredakan masalah kulit.

Tingkatkan imunitas dengan jeli, jus atau squash markisa. Buah ini tinggi vitamin C, beta-cryptoxanthin dan alpha-carotene yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Markisa juga mengandung zat besi yang meningkatkan hemoglobin di sel darah merah.

Kandungan tinggi riboflavin (Vitamin B6) dan niacin (Vitamin B3) dalam markisa membantu mengatur aktivitas tiroid dalam tubuh.

Ini mencegah pengerasan dinding arteri jantung (atheroclerosis), menjaga fungsi jantung tetap berjalan dengan baik.

Senyawa felonik dan alkaloid juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan mengobati insomnia pada tingkatan tertentu.

Markisa dikenal tinggi mineral. Seperti magnesium, kalsium, zat besi fosfor, potassium dan sodium.

Mineral ini menjaga kepadatan tulang, membantu percepat penyembuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

Sumber: detik.com



data-matched-content-rows-num="3" data-matching-content-columns-num = 3 data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">