Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya

Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya

Srikaya (Annona squamosa L.) merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia.

Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya.

Kalau di tempat anda buah srikaya ini disebut apa?

Dari bentuk buah dan daunnya, sekilas srikaya ini mirip dengan buah sirsak.

Begitu pun khasiatnya, jika daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan tradisional, maka daun dan buah srikaya pun begitu.

Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini bermanfaat sebagai obat.

Kandungan Gizi Buah Srikaya

Buah srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu di dalam Buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram.

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %.

Manfaat Buah Srikaya

Adapun manfaat buah srikaya antara lain :

1. Kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya dapat mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, kandunfan inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

2. Salah satu peran penting dari riboflavin dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa tubuh memiliki semua vitamin B lainnya yang diperlukan. Vitamin B adalah kelompok vitamin yang larut dalam air serta sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsitubuh penting lainnya.

3. Selain kaya akan vitamin B dan vitamin C, buah srikaya kaya akan kandungan niasin sehingga manfaat buah srikaya juga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

4. Buah srikaya juga mengandung tinggi serat,maka dari itu buah srikaya baik dikonsumsi bagi penderita konstipasi karena buah yang kaya akan serat akan memperlancar saluran pencernaan.

Selain itu serat juga dapat memperlambat laju penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes.

5. Asam folat merupakan kandungam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi, maka dari itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat untuk kebutuhan otak janin.

Salah satu buah yang memiliki kandungan asam folat adalah buah srikaya, maka dari iti bagi ibu hamil dapat mengkonsumsi buah berbiji ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel