Kabar Baik Bagi Anda Penggemar Makanan Laut, Terutama Ikan

Kabar Baik Bagi Anda Penggemar Makanan Laut, Terutama Ikan

Apakah Anda penggemar makanan laut, terutama ikan? Jika ya, ada kabar baik! Selain menikmati kelezatan hidangan ikan, Anda menjadi lebih sehat.

Bahkan, jika Anda tidak suka makan ikan secara khusus, maka sudah waktunya menambah lebih banyak ikan dalam menu makanan Anda.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa ikan tidak hanya memiliki satu manfaat kesehatan, tetapi banyak, beberapa di antaranya dapat mengejutkan!

Seperti dilansir Boldsky, berikut manfaat kesehatan yang mengejutkan dari mengkonsumsi ikan secara teratur:

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak degeneratif yang biasanya mempengaruhi orang-orang di atas usia 60 tahun.

Penyakit ini menyebabkan degenerasi sel otak yang cepat dan menyebabkan kehilangan ingatan, kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh, depresi, kebingungan, dan agresi.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association pada 2016 menyatakan mengkonsumsi ikan secara teratur, memperbaiki materi abu-abu otak manusia yang mencegah degenerasi sel otak yang cepat dan memburuknya fungsi otak selama usia tua, sehingga mencegah penyakit Alzheimer.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jantung adalah organ vital tubuh dan fungsi sehatnya sangat penting untuk kesejahteraan manusia.

Bahkan penyakit ringan yang mempengaruhi jantung dapat menyebabkan konsekuensi yang fatal.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Of Cardiology, mengkonsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung ke tingkat yang signifikan karena asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dapat menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi trigliserida, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Depresi

Depresi adalah penyakit mental yang serius yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Karena perubahan pada zat kimia dan hormon otak, gejala seperti rasa kesedihan yang ekstrem, perasaan rendah sepanjang waktu, kelelahan dan kecenderungan bunuh diri dapat terjadi pada seseorang.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal Of Psychiatry & Neuroscience mengatakan minyak yang ada dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin di otak yang dapat mengobati dan mengurangi gejala depresi.

4. Bikin Tulang Sehat
Seperti yang kita ketahui, untuk tetap sehat dan mencegah komplikasi kesehatan, diet sehat dan seimbang adalah kebutuhan yang sangat penting. Diet seimbang berarti mengonsumsi semua nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, dan lainnya.

Vitamin D juga merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan kita, terutama dalam menjaga tulang tetap sehat dan meningkatkan fungsi otak.

Karena ikan merupakan sumber vitamin D yang sangat baik, mengkonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Kebanyakan dari kita terlalu sering menggunakan gadget elektronik visual seperti komputer, dan telepon genggam untuk bekerja dan bersantai. Jadi, secara alami, mata kita menderita.

Akibatnya dan banyak dari kita menghadapi masalah seperti kekeringan mata, penglihatan kabur, gatal, peradangan, dan astigmatisme.

Nah, asam lemak omega-3 dalam ikan diketahui meningkatkan kesehatan mata, dengan memberi nutrisi pada otot-otot dan saraf mata.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Of Clinical Nutrition, menambahkan ikan dalam diet Anda setiap hari dapat membantu menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Seperti kanker usus besar, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pankreas dan lainnya. Ini karena asam lemak omega-3 dalam ikan dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker yang abnormal.

Sumber: sindonews.com




Subscribe to receive free email updates: