Jangan Buang Jantung Pisang, Ini Lho 10 Manfaatnya

Jangan Buang Jantung Pisang, Ini Lho 10 Manfaatnya

Pisang ( Musa Paradisiaca ) merupakan tanaman tropis asli asia tenggara. Semua bagian pada tanaman ini dapat dimanfaatkan baik dari buah, daun bonggol, tak terkecuali jantungnya.

Jantung pisang merupakan bunga yang dihasilkan pohon pisang yang berwarna merah keunguan yang didalamnya terdapat bakal pisang. Ukuran jantung pisang dapat mencapai 25-40 cm dengan struktur lapisan kulit yang berlapis-lapis.

Jantung pisang mengandung 31 kkal energi, 71 gr karbohidrat, 1,2 gr proteinn0,3 gr lemak, beberapa mineral seperti fosfor (50 mg), kalsium (30 mg), dan zat besi juga vitamin seperti beta karoten, vitamin B1, vitamin C, dan kandugan serat.

Dengan banyaknya kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh dalam jantung pisang , maka masyarakat mulai banyak mengolah bagian pohon pisang ini menjadi kudapan.

Adapun beberapa manfaat yang dimiliki jantung pisan sebagai berikut:

1. Memperlancar pencernaan, kandungan serat atau fiber yang tinggi dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan.

2. Membantu diet, tingginya kandungan serat dalam jantung

pisang ini dapat menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama hal ini baik bagi seseorang yang sedang melaksanakan program diet.

3. Memperlancar peredaran darah, jantung pisang sendiri memiiliki sifat anti koagulan sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

4. Menyembuhkan beberapa infeksi, kandungan ethanol yang terdapat pada jantung pisang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

5. Meningkatkan produksi sel darah merah, kandungan zat besi dalam jantung pisang dapat menambah kadar hemoglobin dalam darah.

6. Mencegah kanker, kandungan ethanol dalam jantung

pisang memiliki manfaat ysng serupa dengan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas.

7. Mencegah penuaan dini/anti aging, kandungan flavonoid dalam jantung pisang dapat meremajakan sel-sel dan juga dapat bersifat sebagai anti radikal.

8. Meningkatkan produktifitas ASI, kandungan serat yang tinggi sama seperti halnya pada daun katuk dipercaya dapat meningkatkan produktifitas air susu ibu.

9. Mencegah penyakit stroke, sari jantung pisang, khususnya jenis pisnag ambon diyakini dapat mencegah penyakit stroke

10. Mencegah kolesterol, jantung pisang diyakini dapat mencegah kolesterol karena ia akan mengikan lemak jahat dalam tubuh.

Sumber: tribunnews.com




Subscribe to receive free email updates: