Gunakan 5 Benda di Dapur Ini Untuk Mengobati Sakit Gigi

Gunakan 5 Benda di Dapur Ini Untuk Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Sakit kepala, demam, hingga nyeri atau rasa cenut-cenut yang menyertainya bisa membuat si penderita kewalahan. Bahkan, bisa mempengaruhi mood atau suasana hati.

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang. Bisa juga ketika hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa.

Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Rupanya, untuk mengatasi masalah ini Anda tak mesti minum obat.

Sejumlah benda-benda di dapur bisa dimanfaatkan karena punya khasiat mengobati.

1. Air Garam

Air garam adalah pengobatan yang efektif untuk mengurangi rasa sakit saat sakit gigi. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin menempel di antara gigi Anda.

Tak hanya mampu mengurangi rasa sakit pada gigi, air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Untuk menerapkan hal ini, Anda bisa menyampurkan setengah sendok teh garam ke segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres Air Dingin

Saat sakit gigi melanda, pembuluh darah di area mulut dan pipi akan membesar. Untuk mengurangi rasa sakit, maka ambilah segelas air dingin dan kompres bagian pipi dengan menggunakan kain.

Sebab, rasa dingin dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Pembuluh darah akan menyempit dan membuatnya tidak sakit lagi.

Lakukan praktek ini selama 20 menit. Anda bisa mengulangnya jika dibutuhkan.

3. Kantong Teh Peppermint

Kantong teh dengan rasa pepermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi serta gusi sensitif.

Untuk melakukan ini, biarkan kantong teh bekas pakai dingin sebelum mengaplikasikannya ke area sakit pada gigi. Namun, jangan biarkan kantong teh sepenuhnya dingin, seharusnya masih sedikit hangat.

4. Bawang Putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah diakui dan digunakan untuk pengobatan. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit.

Untuk menggunakannya, haluskan bawang putih dan taruh di ke area yang sakit. Bisa ditambahkan sedikit garam karena fungsi keduanya sama.

5. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah, karena minyak dari cengkeh dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas dan gunakan ke area yang terkena.

Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke segelas kecil air dan digunakan sebagai obat kumur.

Sumber: liputan6.com




Subscribe to receive free email updates: