Biasakan Membaca Doa Ini Agar Akhir Hidup Kita Husnul Khatimah

Naluri manusia menyatakan ingin hidup lebih lama dalam nikmatnya dunia, namun Manusia menyaksikan bagaimana kematian tidak memilih usia atau tempat.

Ada alasan karena khawatir memikirkan dampak yang ditinggalkan.

Biasakan Membaca Doa Ini Agar Akhir Hidup Kita Husnul Khatimah

Karena Ia hanya tahu bahwa akhir kehidupan adalah kematian dan kematian berarti ahkir dari perjalanan hakikat manusia sehingga tidak mengetahui makna hidup sesudah mati.

Kematian bukanlah ketiadaan hidup secara mutlak, tetapi ia adalah ketiadaan hidup di dunia.fase setelah dibangkitkan dari kematian adalah kehidupan akhirat al-hayawan (kehidupan yang sempurna).


Allah SWT berfirman (yang Artinya): "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main.Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui." (QS. Al-Ankabut 29: 64).

Disunnahkannya setiap muslim yang sehat ataupun yang sedang sakit untuk mengingat mati dengan hati dan lisannya, serta memperbanyak mengingatnya hingga seakan-akan kematian di depan matanya.


Karena dengannya akan menghalangi dan menghentikan seseorang dari berbuat maksiat serta dapat mendorong untuk beramal ketaatan.

"Mengingat mati di kala dalam kesempitan akan melapangkan hati seorang hamba dan ketika dalam kesenangan hidup, ia tidak akan lupa diri dan dengan begitu ia selalu dalam keadaan bersiap untuk “pergi.(Bahjatun Nazhirin, 1/634).

Berdoalah:

 ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺍﺧْﺘِﻢْ ﻟَﻨَﺎ ﺑِﺎْﻻِﺳْﻼَﻡِ ﻭَﺍﺧْﺘِﻢْ ﻟَﻨَﺎ ﺑِﺎْﻻِﻳْﻤَﺎﻥِ ﻭَﺍﺧْﺘِﻢْ ﻟَﻨَﺎ ﺑِﺤُﺴْﻦِ ﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻤَﺔِ

Allaahummakhtimlanaa bil-islaam, wakhtim lanaa bil-iimaani wakhtim lanaa bi husnil khaatimah.

Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman, akhirilah hidup kami dengan husnul khatimah.

Aamiin Yaa Rabbala'alamiin.





Subscribe to receive free email updates: