Ternyata Mandi Air Dingin Efektif Menurunkan Berat Badan Hingga 5 Kg/Tahun

Hayo siapa disini yang malas untuk mandi? mungkin ada sebagian orang yang menganggap mandi adalah aktivitas yang tidak begitu penting, dengan berbagai alasan sebisa mungkin untuk menghindari mandi.

Padahal mandi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, selain untuk membersihkan badan dan menghilangkan bau badan ternyata mandi masih memiliki manfaat yang mungkin belum kamu ketahaui sebelumnya.

Ternyata Mandi Air Dingin Efektif Menurunkan Berat Badan Hingga 5 Kg/Tahun

Bagi kamu yang malas untuk mandi, mungkin setelah membaca tulisan ini dapat memotivasi kamu untuk tidak malas mandi. Langsung saja simak penjelasan berikut ini secara berurutan agar kamu mengerti dan faham maksud dan tujuannya :

Jaringan Lemak Pada Tubuh Manusia

Jaringan lemak adalah jaringan ikat khusus yang tersusun atas sel-sel lemak, sel lemak ini berisi sebuah gumpalan lemak atau globul lemak sehingga membuat inti sel dan sitoplasma terdorong ke tepi sel tersebut.

Jaringan lemak juga biasa disebut dengan jaringan adiposit, jaringan adiposit pada manusia terdiri dari 87% lipit dan terletat tepat dibawah jaringan kulit.

Jaringan lemak pada manusia berfungsi untuk menyimpan cadangan energi, sebagai pelindung tubuh dari guncangan, isolator panas, dan berfungsi untuk mengisi ruang antar jaringan lain dalam tubuh.

Jaringan lemak juga merupakan jaringan terbesar dalam tubuh, yaitu sebesar 15%-25% dari total berat badan kamu.

Jaringan lemak ini dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :

1. Jaringan Lemak Putih

Jaringan lemak putih adalah jaringan lemak yang berfungsi untuk menyimpan kelebihan energi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari dalam bentuk lemak trigliserida untuk digunakan kembali kemudian.

Jaringan lemak inilah yang menjadikan berat badan kita mengalami kenaikan signifikan.

Penyebabnya adalah konsumsi makanan dengan jumlah kalori yang berlebih ditambah aktifitas yang tidak sesuai dengan kalori yang masuk kedalam tubuh, sehingga cadangan energi menumpuk dalam tubuh dalam bentuk lemak.

2. Jaringan Lemak Coklat

Berbeda dengan jaringan lemak putih diatas, fungsi jaringan lemak coklat ini justru sebaliknya  yaitu membakar energi untuk menghasilkan panas.

Proses menghasilkan panas ini disebut thermogenesis yang sangat diperlukan oleh tubuh kita termasuk pada hewan yang bertujuan untuk mempertahankan suhu tubuh terhadap kondisi lingkungan dengan suhu dingin.

Peran jaringan lemak coklat ini sangat penting guna mengontrol jaringan lemak putih yang dapat menyebabkan obesitas.

Adanya jaringan lemak coklat suhu tubuh menjadi stabil dengan mengubah makanan atau kelebihan energi menjadi panas tubuh.

Mandi Air Dingin Efektif Membakar Lemak Membandel

Mungkin ada sebagian orang yang tidak mau mandi menggunakan air dingin dan memilih untuk mandi menggunakan air hangat, padahal mandi dengan air dingin dapat membantumu membakar lemak-lemak membandel dalam tubuh kamu looh.

Mengapa bisa membakar lemak tubuh?

Seperti yang kalian tahu bahwa jaringan lemak coklat dapat mengubah jaringan lemak putih menjadi panas tubuh. Lemak putih bisa dikatakann lemak yang tidak kita inginkan, yaap benar sekali.

Lemak putih menimbun kelebihan energi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, lemak inilah yang membuat berat badan kita menjadi melar, apalai jika aktivitas fisik kita sehari-hari juga minim.

Dengan mandi air dingin otomatis akan membuat suhu tubuh kita juga menjdai turun, dengan kondisi ini lemak coklat akan merespon rangsangan suhu dari luar tubuh tersebut.

Kemudian lemak coklat akan melakukan aktivitas pembakaran, yaitu membakar lemak putih yang ada dalam tubuh kita menjadi panas tubuh untuk menjaga suhu badan agar tetap stabil.

Suhu panas pada tubuh juga memiliki peranan penting yaitu menjaga metabolisme dalam tubuh agar tetap berjalan lancar, jika suhu tubuh turun maka metabolisme tubuh juga ikut menurun.

Semakin tinggi aktivitas lemak coklat maka akan semakin banyak lemak putih yang dibakar dan diubahnya menjadi panas.

Aktivitas tersebut akan secara otomatis mengurangi berat badan kita. 

ayangkan jika kita rutin mandi menggunakan air dingin, beerpa banyak lemak tubuh yang dapat kita bakar dan berapa banyak berat badan kita akan turun.

Ini lah yang mendasari bahwa mandi menggunakan air dingin dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Makanya kamu jangan malas utuk mandi dengan alasan airnya dingin nanti kedinginan. Wkwkwkwkwk

Para peneliti melalui studinya menyatakan bahwa paparan suhu dingin akan dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat dalam tubuh hingga 15 kali lipat, hal ini berarti jika kamu rutin mandi dengan air dingin setiap harinya akan mampu menurunkan berat badan hingga 5 kilo gram dalam stiap tahunnya.

Manfaat Lain Dari Mandi Air Dingin

Selain dapat membantu membakar lemak, membiasakan diri untuk mandi menggunakan air dingin juga dapat memberikan manfaat lain seperti :

1. Menyegarkan Pikiran

Mandi air dingin di pagi hari dapat membuat anda segar dan terjaga alias ngilangin kantuk.

Suhu air yang dingin dapat memicu otak kita untuk memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis hormon adrenalin yang akan membantu fikiran anda tetap waspada secara alami.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Suhu air dingin dapat membuat kulit kepala anda tetap lembab dan kenyal, rambut anda juga kan menjadi lebih lembut dan sehat.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut penelitian European of Applied Physiology and Occupational Physiology menyatakan bahwa saat mandi air dingin tubuh akan memproduksi protein yang dibutuhkan oleh sistem imun guna melawan berbagai virus dan bakteri patogen.

4. Meredakan Stres dan Depresi

Air dingin yang bersentuhan dengan kulit kita akan membuat syaraf pada permukaan kulit mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak untuk memproduksi hormon betaendorfin yang dapat membuat kamu merasa nyaman dan tenang.

Bagaimana? "Mandi Air Dingin Efektif Menurunkan Berat Badan Hingga 5 Kg/Tahun", menarik bukan? hanya dengan mandi menggunakan air dingin kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan yang tentunya dapat membuat hidup kita menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Semoga bermanfaat ............

Sumber: jayandaru.com





data-matched-content-rows-num="3" data-matching-content-columns-num = 3 data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">