Rasulullah SAW Mengingtkan Kepada Kita Tentang Hal Ini

LIPUTANTOP.COM - Alangkah indahnya bila setiap diri memiliki kesadaran agar memiliki akhlaq yang mulia. Sungguh, Allah amat menyukai insan yang memiliki pribadi mulia.

Dalam pergaulanpun akan terasa nyaman andai kita bisa berteman dengan orang yang memiliki akhlaq yang mulia.

Karena pada dasarnya setiap insan yang hidup di dunia ini walau perilakunya kurang menawanpun di hati kecilnya akan tetap menyukai orang yang memiliki adab dan perilaku yang terpuji.

Rasulullah SAW Mengingtkan Kepada Kita Tentang Hal Ini

Rasulullah SAW mengingatkan kepada kita bahwa akhlaq yang baik bukan hanya disukai oleh Allah tetapi juga disukai oleh manusia.

Tidak hanya Allah yang akan mencintainya, tetapi manusia pun akan memuliakannya. 

Maka tak heran Rasulullah menganjurkan kepada umatnya agar memiliki akhlaq yang mulia yang merupakan ciri peradaban yang baik.

"Sesungguhnya orang yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaqnya di antara kalian." (HR. Bukhari-Muslim).

"Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan dekat duduknya dariku di antara kalian pada hari kiamat kelak adalah orang yang paling baik akhlaqnya. Dan sesungguhnya orang yang paling aku benci dan jauh tempat duduknya dariku pada hari kiamat kelak adalah:

1. At-Tsartsarun (orang yang banyak bicara tanpa membawa manfaat).
2. Al- Mutasyaddiqun (orang yang banyak bicara tanpa teliti dan memahaminya).
3. Al- Mutafaihiqun. Para sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah kami telah mengetahui at- Tsartsarun dan al- Mutasyaddiqun, lalu apa yang dimaksud dengan al- Mutafaihiqun? Beliau menjawab: "yaitu orang-orang yang sombong." (HR. Tirmidzi).

Bahkan Islam telah menjadikan akhlaq yang baik sebagai unsur yang menyempurnakan iman seseorang " Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya." (HR. Tirmidzi).

SubhanAllah, Demikian besarnya perhatian Islam terhadap masalah akhlaq. 

Amalan sekecil apapun termasuk kata-kata yang baik, menampakkan wajah yang ceria, salam, sapa, sopan dan santun akan dinilai sebagai amalan yang baik di sisi Allah.

Syariat Islam telah mengarahkan kepada kita agar agar memiliki akhlaq yang baik. Selama kita mampu mengamalkan Insya Allah kehidupan kita akan diliputi oleh ketenangan.

(Sumber: *WANITA SHOLEHAH* Mutiara Muslimah Sejati II)



data-matched-content-rows-num="3" data-matching-content-columns-num = 3 data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">