Inilah Ayat Al Quran Yang Membuat Rasulullah SAW Menangis

LIPUTANTOP.COM - Orang yang menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman hidupnya, sudah pasti hidupnya akan lebih terarah dan berada di jalur yang benar.

Karena Al Qur'an akan menuntun kita menuju jalan yang penuh keridhoan Allah.

Inilah Ayat Al Quran Yang Membuat Rasulullah SAW Menangis

Hati orang yang beriman tentu akan menangis apabila ia mendengar ayat-ayat Al Qur'an dilantunkan.

Bahkan Rasulullah SAW pun pernah menangis ketika mendengar ayat-ayat suci Al Qur'an dibacakan.

Seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwasanya ia berkata, "Ketika turun ayat "Afamin hadzal haditsi ta'jabuun, ....." (QS. An Najm: 50-61).

Artinya: "Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu menertawakan dan tidak menangis? Sedang kamu melengahkan(nya)."

Maka menangislah para sahabat (Ahli Suffah) hingga mengalirlah air mata meraka membasahi pipi, dan ketika Rasulullah mendengar tangisan mereka, beliau pun mengangis bersama mereka, maka kami pun menangis karena (terdorong) oleh tangisan Beliau.

Rasulullah SAW bersabda: "Tidak akan masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah dan tidak akan masuk surga orang yang terus menerus berbuat dosa. Sekiranya kamu tidak berdosa, pasti Allah akan mendatangkan orang-orang berdosa kemudian dia mengampuni mereka," (HR Al Baihaqi).

Rasulullah SAW dan sahabat saja menangis tatkala mendengar lantunan ayat suci Al Qur'an.

Seperti diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud bahwa ia berkata, "Nabi SAW berkata kepadaku, "Bacalah Al Qur'an untukku,"

Maka aku menjawab, "Wahai Rasulullah, bagaimana aku membacakan Al Qur'an untukmu, bukankah Al Qur'an diturunkan kepadamu?"

Nabi SAW bersabda, "Aku suka mendengarnya dari selain diriku,"

Lalu aku membacakan untuknya surat An Nisa’ hingga sampai pada ayat (yang artinya), "Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (Rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).’ (QS. An Nisa’ ayat 41).

Beliau berkata, “Cukup.”

Maka aku menoleh kepada beliau, ternyata kedua mata beliau dalam keadaan bercucuran air mata.”

(HR. Bukhari dan Muslim).

Bagaimana dengan kita yang mengaku sebagai umatnya Rasulullah SAW?

Terkadang ketika mendengar orang melantunkan ayat-ayat Al Qur'an kita cuek saja, tanpa tersentuh sedikitpun dengan ayat tersebut.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (QS. Al Anfaal: 2).

Mari menjadikan Al Quran sebagai bacaan kita sehari-hari hingga membuat kita menjadi cinta Al Qur'an.

Sumber: tribunnews.com




Subscribe to receive free email updates: