10 Langkah Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis Ketika Istri Harus Bekerja

LIPUTANTOP.COM - Ketika seorang istri harus bekerja, seringkali ia harus berjuang segala daya agar pekerjaan dan rumah tangga tetap berjalan seiring sejalan.

Beberapa langkah berikut semoga menjadi salah satu alternatif yang bisa kita terapkan agar rumah tangga harmonis sekalipun harus bekerja di luar rumah.

10 Langkah Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis Ketika Istri Harus Bekerja

1. Merawat keluarga dengan agama

Pupuklah keluarga dengan nilai spiritualitas (shalat, dzikir, berdo'a dan tilawah Al-Qur'an) sehingga kekuatan iman mampu mengukuhkan jalinan keluarga.

2. Menata kembali sosok seorang istri

Setinggi apapun jabatan wanita, jika telah menjadi istri dan ibu hendaklah menjadi istri yang taat pada suami selama dalam kebaikan serta menjadi seorang ibu yang mampu membimbing putra putrinya agar memiliki kepribadian yang mulia.

3. Memegang arti sebuah keluarga

Jadikan anggota keluarga sebagai tim kerjasama dalam menciptakan keluarga yang harmonis.

Untuk menciptakan keluarga yang harmonis bukan hanya berada pada pundak istri atau suami saja, namun kedua belah pihak harus bekerjasama untuk saling mendukung dan melengkapi.

4. Pembagian kerja

Menciptakan rumah tangga yang sakinah pada dasarnya adalah menggerakkan fungsi menajemen dalam kehidupan rumah tangga.

Selain mengandung, menyusui, melayani suami maka buatlah kesepakatan dengan anggota keluarga untuk pembagian kerja di rumah tangga.

5. Meningkatkan komunikasi yang harmonis dengan keluarga

Menjalin komunikasi yang harmonis dapat memperkuat jalinan hubungan keluarga. Gunakan waktu santai untuk bercanda dengan anak dan pasangan.

6. Ciptakan waktu yang berkualitas

Anak membutuhkan waktu, istri membutuhkan waktu, suami membutuhkan waktu dan keluarga membutuhkan waktu.

Maka pada saat bertemu dengan keluarga jadikan pertemuan itu berkualitas. Ciptakan suasana yang menyenangkan dan kenangan indah yang bernilai ibadah bersama keluarga.

7. Jadikan hari libur sebagai keceriaan

Ketika libur, bergembiralah bersama anak dan pasangan. Temukan tempat-tempat yang bisa membuat kita merasa tenang dan ceria.

8. Ikatlah keluarga dengan tali cinta

Memahami kebutuhan, karakter, potensi dan perkembangan segenap anggota keluarga adalah salah satu faktor memperkuat jalinan hubungan.

Ukuran kekuatan jalinan keluarga ditentukan pula oleh faktor cinta antar anggota keluarga.

9. Adakan evaluasi dan introspeksi diri

Masing-masing anggota keluarga bersedia untuk introspeksi diri barangkali ada beberapa hal yang membuat anggota keluarga merasa tak nyaman lantas saling berbenah diri untuk bersama-sama menciptakan ketentraman dalam keluarga.

10. Tawakkal

Andai semua telah dilaksanakan kita berserah diri kepada Allah dan menggantungkan segala harapan kepada Allah yang berkuasa atas segala sesuatu.

Semoga jalinan keluarga yang kita bina bermuara pada kebahagiaan baik di dunia dan di akhirat, Aamiin

Sumber: Menata Akhlaq

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel