Inilah 7 Pantai Paling Indah di Lombok Tengah

LIPUTANTOP.COM - Wisata terkenal di Lombok tersebar dihampir semua kabupaten. Sebagian besar didominasi oleh pantai. Tidak mengherankan mengingat Pulau Lombok berbatasan langsung dengan laut. Selain banyak pantai-pantai indah, Lombok juga dikenal memiliki pemandangan alam yang menarik, mengingat masih banyak masyarakat Sasak (suku di Lombok) yang berprofesi menjadi petani sehingga, hampir di semua kabupaten, kecamatan hingga desa kita akan menemukan pemandangan yang hijau berupa hamparan sawah dan perbukitan. 

Inilah 7 Pantai Paling Indah di Lombok Tengah
Saya, di salah satu pantai Lombok

Khusus di Lombok Tengah (Loteng), ada beberapa pantai populer yang cukup diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Diantaranya adalah: 
  1. Pantai Kuta Lombok Tengah
  2. Pantai Mawun
  3. Pantai Tanjung Aan
  4. Pantai Serenting
  5. Pantai Tunak
  6. Pantai Batu Payung
  7. Pantai Merese
  8. Pantai Seger
  9. Pantai Semeti
  10. Pantai Tanjung Bongo, serta
  11. Pantai Selong Belanak, dll

Pantai indah di Lombok Tengah

1. Pantai Kuta-Lombok

Pantai paling terkenal di Lombok Tengah adalah Pantai Kuta. Pantai ini diberikan nama pantai Kuta karena berada di Desa Kuta-Pujut. Namanya sama dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Dan kedua-duanya sama-sama indah. 

Pantai Kuta di Lombok Tengah lokasinya cukup dekat dari bandara (BIL) sehingga cukup mudah untuk dijangkau. Yang menarik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang cukup bersih dengan air laut berwarna biru dan jernih serta pemandangan alam disekitarnya yang menghijau berupa perbukitan. 


2. Pantai Mawun

Pantai Mawun tidak kalah indah dibandingkan dengan Pantai Kuta. Pantai Mawun merupakan salah satu pantai populer di Lombok yang cukup banyak diminati oleh wisatawan lokal. Pantai Mawun cukup indah dan bersih memiliki kontur pantai yang landai yang merupakan ciri pantai-pantai di Loteng. Pantai ini juga dikelilingi perbukitan yang pada saat musim hujan terlihat hijau. Namun ketika musim kemarau tiba, bukit-bukit tersebut berubah berwarna kecoklatan terlihat indah dengan pantulan sinar matahari berwarna keemasan di pagi maupun sore hari. 

Pantai Mawun memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur untuk keluarga. Namun kamu tetap harus berhati-hati apabila berkunjung pada saat musim di mana gelombang cukup besar antara bulan Januari, Juli, Agustus, September, dan Desember. 


3. Pantai Tanjung Aan

Jika kita datang dari arah Bandara Internasional Lombok (BIL), setelah melewati Kuta, kita akan menemukan Pantai Tanjung Aan. 

Pada hari-hari biasa maupun pada hari libur (weekend) pantai ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan sama seperti Pantai Kuta. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pantai Kuta membuat Pantai Tanjung Aan seringkali dijadikan sebagai tujuan wisata pantai alternatif di Lombok. 


Ombak di pantai ini juga cenderung tidak terlalu besar sehingga terasa menyenangkan apabila dimanfaatkan untuk bermain air, mandi, dan berenang. Begitu juga dengan pasir pantainya yang berwarna putih bersih, membuat pemandangan begitu indah dan segar. 


4. Pantai Mandalika

Pantai Mandalika adalah pantai terkenal selanjutnya di Lombok yang cukup diminati oleh wisatawan pantai ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan berlokasi di daerah Kuta, Pujut. Pantai Mandalika adalah sebuah pantai yang namanya diangkat dari legenda setempat. Saban tahun, tempat ini ramai dipenuhi penduduk lokal maupun wisatawan yang datang untuk memeriahkan pesta Bau Nyale.


5. Pantai Putri Nyale

Sedikit ke selatan, melewati Pantai Mandalika dan Pantai Seger kita akan menemukan Putri Nyale Beach atau Pantai Putri Nyale yang juga setiap tahunnya dijadikan sebagai lokasi untuk mengadakan pesta Bau Nyale. 

Pantai Putri Nyale juga masih berada di wilayah Kuta. Atau tepatnya beralamat di Jalan Beach Walk, Kuta, Pujut. Akomodasi dan fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Sehingga tidak sulit untuk menemukan hotel maupun resort di sekitar pantai.

6. Pantai Seger


Pantai Seger diapit oleh Pantai Mandalika dan Pantai Putri Nyale. Tidak kalah Indah dibandingkan dengan pantai-pantai lain, Pantai Segara menawarkan pemandangan laut yang sangat eksotis dengan pantai berpasir putih yang bersih serta pemandangan alam berupa bukit-bukit hijau serta bukit-bukit karang. 

Namun tidak seperti Pantai Putri Nyale atau Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan yang mudah dijangkau, untuk bisa sampai di Pantai Seger, kita harus sedikit berjalan kaki. Namun jarak dari Pantai Mandalika atau dari Pantai Putri Nyale sebenarnya tidak terlalu jauh. Dari Pantai Mandalika misalnya, Pantai Seger hanya berjarak 200 meter saja jadi kalau jalan kaki, kurang lebih mungkin hanya akan memakan waktu 5 menit saja. 


7. Pantai Mawun

Pantai Mawun berada di desa Tumpak, Pujut, Lombok Tengah. Jalur akses ke pantai ini juga cukup mudah mengingat jalan sudah mulus dan diaspal. Daya tarik Pantai Mawun terletak pada kealamian dan keindahan pemandangan di sekitarnya. Pantai ini merupakan pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, tidak seperti Pantai Kuta atau Pantai Putri Mandalika serta Pantai Tanjung Aan. Walau demikian, pantai ini juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan beberapa pantai yang telah disebutkan sebelumnya. 

Pantai Mawun memiliki ombak yang lumayan besar sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain surfing


Itulah 7 pantai paling indah di Lombok Tengah sekaligus yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai-pantai yang telah disebutkan diatas memiliki jalur akses yang cukup baik dengan akomodasi serta fasilitas yang tergolong lengkap.

Sumber: reviewisata.com




Subscribe to receive free email updates: