Ingin Selamat Dari Siksa Kubur? Biasakan Membaca Surah Ini

LIPUTANTOP.COM - Setelah meninggal, persinggahan pertama manusia adalah alam kubur, sebelum memasuki alam akhirat.

Di dalamnya ada yang bersuka cita, ada pula yang berduka. Semua karena amal perbuatannya di dunia.

Bagi yang tidak bisa menjawab pertanyaan malaikat tentang tuhannya, nabinya, atau kitabnya, dan perbuatan maksiat, akan menerima siksa kubur.

Nabi Muhammad SAW menyampaikan ada satu amalan yang bisa dilakukan untuk jadi penerang di alam kubur.

Ingin Selamat Dari Siksa Kubur? Biasakan Membaca Surah Ini

Yaitu membaca surat Al Mulk. Apa saja keistimewaan surat Al Mulk?

Surat ke 67 dalam Alquran, surat Makiyah yang terdiri dari 30 ayat. Kata Al Mulk yang terdapat dalam ayat pertama dalam surat tersebut berarti kerajaan. Surat ini juga disebut sebagai surat At Tabarak yang berarti Maha Suci. Isi dari surat Al Mulk banyak mengisahkan kekuasaan Allah SWT pada makhluknya.

Dilansir Berita Islam Masa Kini, Trans TV, dalam awal surat dikisahkan kesempurnaan alam ciptaanNya.

Dalam banyak hadist, surat Al Mulk memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya, antara lain:

1. Akan diampuni dosanya

Abu Dawud (1400) dan Tirmidzi (2891) meriwayatkan dari Abu Hurairah –radhiyallahu ‘anhu- dari Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

  ( ﺇِﻥَّ ﺳُﻮﺭَﺓً ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﺛَﻠَﺎﺛُﻮﻥَ ﺁﻳَﺔً ﺷَﻔَﻌَﺖْ ﻟِﺮَﺟُﻞٍ ﺣَﺘَّﻰ ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻪُ ﻭَﻫِﻲَ ﺳُﻮﺭَﺓُ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ‏) ﻭﺣﺴﻨﻪ ﺍﻷﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ .

Ada surat dalam al Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberi syafa’at bagi 'temannya', yakni orang yang banyak membacanya,

sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu surat : Tabarokalladi bi yadiihil mulk", (HR Abu Dawud).

2. Dihindarikan dari siksa kubur dan siksa neraka

Adapun yang diriwayatkan oleh an Nasa’i dalam “Sunan Kubra” 10547, dan dalam “Amanl Yaum wal Lailah” 711, dan Abu Thahir al Mukhlis dalam “Al Mukhlashiyat” 228,

dari jalur ‘Irfijah bin Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abi Nujud, dari Zirr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud berkata:

ﻣﻦ ﻗَﺮَﺃَ ‏( ﺗﺒَﺎﺭﻙ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺍﻟْﻤﻠﻚ ‏) ﻛﻞ ﻟَﻴْﻠَﺔ ﻣَﻨﻌﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻬَﺎ ﻣﻦ ﻋَﺬَﺍﺏ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮ ، ﻭَﻛُﻨَّﺎ ﻓِﻲ ﻋﻬﺪ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻧﺴﻤﻴﻬﺎ ﺍﻟْﻤَﺎﻧِﻌَﺔ ،  ﻭَﺇِﻧَّﻬَﺎ ﻓِﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﺳُﻮﺭَﺓ ﻣﻦ ﻗَﺮَﺃَ ﺑﻬَﺎ ﻓِﻲ ﻛﻞ ﻟَﻴْﻠَﺔ ﻓﻘﺪ ﺃَﻛﺜﺮ ﻭﺃﻃﺎﺏ) .

“Barang siapa yang membaca surat Tabarak setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur, dan kami pada masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-

menamakannya “Surat Pelindung/Penghalang”. Dan ia adalah termasuk surat dalam al Qur’an yang bagi siapa saja yang membacanya setiap malam, maka ia melakukan amalan baik dan banyak”.

3. Menjauhkan diri dari maksiat

Allah SWT berfirman,

ﺇِﻥَّ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺨْﺸَﻮْﻥَ ﺭَﺑَّﻬُﻢْ ﺑِﺎﻟْﻐَﻴْﺐِ ﻟَﻬُﻢْ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓٌ ﻭَﺃَﺟْﺮٌ ﻛَﺒِﻴﺮٌ ‏( 12 ‏) ﻭَﺃَﺳِﺮُّﻭﺍ ﻗَﻮْﻟَﻜُﻢْ ﺃَﻭِ ﺍﺟْﻬَﺮُﻭﺍ ﺑِﻪِ ﺇِﻧَّﻪُ ﻋَﻠِﻴﻢٌ ﺑِﺬَﺍﺕِ ﺍﻟﺼُّﺪُﻭﺭِ ‏( 13 ‏) ﺃَﻟَﺎ ﻳَﻌْﻠَﻢُ ﻣَﻦْ ﺧَﻠَﻖَ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻄِﻴﻒُ ﺍﻟْﺨَﺒِﻴﺮُ ‏( 14 ‏) ﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺟَﻌَﻞَ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽَ ﺫَﻟُﻮﻟًﺎ ﻓَﺎﻣْﺸُﻮﺍ ﻓِﻲ ﻣَﻨَﺎﻛِﺒِﻬَﺎ ﻭَﻛُﻠُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﺭِﺯْﻗِﻪِ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨُّﺸُﻮﺭُ ‏( 15 )

Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya di saat mereka tidak tampak di hadapan yang lainnya, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar. Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati. Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui? Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan. (QS. Al Mulk: 12-15).

4. Menjadikan sebagai orang tawakal

                                                          ﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺟَﻌَﻞَ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽَ ﺫَﻟُﻮﻟًﺎ ﻓَﺎﻣْﺸُﻮﺍ ﻓِﻲ ﻣَﻨَﺎﻛِﺒِﻬَﺎ ﻭَﻛُﻠُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﺭِﺯْﻗِﻪِ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨُّﺸُﻮﺭُ

"Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.(QS. Al Mulk:15).





Subscribe to receive free email updates: