Amalkan Amalan Ini Agar Dunia Mengejarmu Tanpa Kamu Mengejarnya

LIPUTANTOP.COM - Ada sebuah syair yang mengatakan: "Barang siapa Allah tujuannya, niscaya dunia melayaninya, namun siapa dunia tujuannya, niscaya kan letih dan sengsara, diperbudak dunia hingga akhir masa."

Isi dari syair tersebut memang benar adanya, mengejar dunia ibarat kita mengejar bayang-bayang, semakin kita kejar dia akan semakin menjauh, namun jika kita tinggalkan justru akan mengejar kita.

Dalam islam ada amalan yang jika di amalkan maka dunia akan mengejar kita tanpa susah payah, apakah amalannya?

Amalkan Amalan Ini Agar Dunia Mengejarmu Tanpa Kamu Mengejarnya

Diriwayatkan bahwa seorang Sahabat mengeluh kepada Rasulullah SAW dan berkata: “Ya Rasulallah, kenapa dunia seolah-olah tidak menginginkanku, semua usahaku bangkrut, peternakan dan pertaniankupun selalu gagal panen?"

Sambil tersenyum Nabi Muhammad SAW mengajarkan tentang tasbihnya para Malaikat serta tasbihnya penghuni alam semesta yaitu kalimat:
ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻭﺍﺳﺘﻐﻔﺮ ﺍﻟﻠﻪ

SubhanAllah Wabihamdihi SubhanAllahhila'dzhiim Wa Astaghfirullah.

Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bacalah 100 kali sebelum terbit Fajar. Maka dunia akan memohon kepada Allah agar engkau miliki (mengejarmu tanpa kau mengejarnya).”

Selang beberapa bulan kemudian, sahabat tadi kembali lagi dan bercerita: “Ya Rasulallah sekarang aku bingung dengan hartaku kemana harus aku letakkan hasil usaha dan peternakanku karena banyaknya.”

(Diriwayatkan oleh Al Khatib Al Baghdadi dari Imam Malik Rahimahullah. Dikutip dari Kitab ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﻔﺮﺝ oleh Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki)





Subscribe to receive free email updates: