Inilah Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Alergi Pada Kulit

LIPUTANTOP.COM - Banyak sekali penyakit pada kulit, salah satunya adalah alergi, penyebabnya pun bermacam-macam, berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan alergi pada kulit.

Bahan makanan, biasanya adalah jenis makanan yang mengandung kadar protein hewani yang tinggi, misalnya ikan laut terutama cumi-cumi, kepiting, kerang, udang dan sebagainya. Juga ayam, telur dan produk olahannya.

Inilah Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Alergi Pada Kulit

Bahan nabati juga banyak yang menyebabkan alergi, misalnya kacang-kacangan, cokelat, atau berbagai jenis jamur.

Bahan kimia yang dipakai sebagai pengawet dan penyedap/bumbu-bumbu makanan misalnya makanan instan, aneka camilan atau olahan makanan seperi nugget atau makanan kaleng.

Hewan dan tumbuhan yang bukan makanan seperti benang sari bunga, bulu kulit sejenis kacang koro, bulu binatang, kutu, serangga, dan debu terutama yang berasal dari luruhan makhluk hidup (mengandung protein) dan sebagainya.

Bahan-bahan lain yang sering kita pakai bersentuhan dengan kulit, misalnya parfum, sabun, shampoo, kosmetik, pewarna rambut juga sering menyebabkan alergi.

Demikian pula logam yang nempel misalnya gelang, kalung atau kancing baju logam, hak pengait celana, peniti dan lain-lain.


Obat-obatan juga sering menimbulkan reaksi alergi, baik obat minum maupun suntik (antibiotik, analgesic, anti demam, dll), maupun obat luar seperti minyak gosok atau antiseptic dan bahkan plaster pembalut luka juga bisa menyebabkan alergi pada kulit.

Sumber: Majalah alHaromain Edisi 123 Syawal, Penulis: dr Nurhadji.



data-matched-content-rows-num="3" data-matching-content-columns-num = 3 data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">