Inilah 7 Tempat Wisata Di Padang Yang Sayang Untuk Dilewatkan

LIPUTANTOP.COM - Kota Padang adalah tempat lahir berbagai tokoh bangsa dan juga para penyair yang terkenal di saentaro nusantara. Padang juga amat dikenal dengan kuliner paling enak di dunia yaitu rendang Padang.

Tak heran jika Padang juga dikenal sebagai surganya kuliner bagi wisatawan.

Kini Padang sudah menjadi kota wisata yang menjanjikan. Penginapan pun semakin mudah didapatkan seperti menginap di Hotel Mercure Padang.

Inilah 7 Tempat Wisata Di Padang Yang Sayang Untuk Dilewatkan

1 . Jembatan Siti Nurbaya

Siapa yang tak kenal cerita Siti Nurbaya pada era tahun 90-an. Saat itu Siti Nurbaya menjadi acara televisi paling ditunggu semua orang di rumah.

Apalagi saat itu masih terbilang terbatas sehingga acara nobar Siti Nurbaya hampir selalu ramai oleh para pentonton.

Kisah Siti Nurbaya yang merupakan karya Marah Rusli yang berasal dari Sumatera Barat ini akhirnya diabadikan dalam sebuah nama jembatan.

Jembatan Siti Nurbaya ini merupakan salah satu ikon kota Padang yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu pemandangan paling ditunggu adalah hilir mudik kapal-kapal penangkap ikan saat malam hari. 

Gemerlap malam seakan tak pernah sepi dan sunyi karena sekitar Jembatan Siti Nurbaya selalu mandi cahaya saat matahari sudah tak nampak sekalipun.

2. Miniatur Makkah

Tempat wisata yang selalu ramai pada bulan haji ini memang dibangun mirip dengan aslinya, area rumah suci di Makkah, Arab Saudi.

Miniatur Makkah ini terletak di Lubuk Minturun, Padang. Tak heran jika selama bulan Dzulhijjah, tempat wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat latihan manasik haji oleh pelajar.

Sebenarnya Miniatur Makkah adalah bagian dari bangunan masjid Nur Zikrillah. Pintu masjidnya memiliki keunikan karena terdapat tugu Alquran yang sangat besar persis seperti yang ada Makkah.

Selain menjadi tempat ibadah, Miniatur Makkah ini juga meniadi tempat wisata berfoto bersama keluarga. Pastikan kamu mengikuti aturan dan menjaga etika selama berada di tempat ibadah.

Baiknya menggunakan pakaian yang sopan dan menutup aurat saat berkunjung ke Miniatur Makkah di Padang.

3. Pantai Pasir Jambak

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk melihat sunset di Padang adalah dengan mengunjungi Pantai Pasir Jambak.

Jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 17 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 60 menit.

Pantai yang menjadi salah satu tempat wisata primadona di Padang ini memang memiliki pantai yang bersih. Tak heran jika banyak pengunjung yang bermain dan melakukan berbagai aktifitas menyenangkan di pantai ini seperti berenang, bermain voli pantai hingga bermain bola dipinggir pantai.

Tak bisa dilewatkan adalah menikmati sajian laut hidangan khas Padang yang menggugah selera. Warung-warung di pesisir pantai akan membuatkan kuliner khas Padang berbagan hidangan laut yang akan mengenyangkan perut kalian sebelum pulang.

4. Pantai Nirwana

Jangan salah tempat, karena pantai Nirwana ini bukan berada di Sulawesi melainkan di bagian selatan kota Padang. Jaraknya malah lebih dekat dengan kota Padang kurang dari 15 kilometer yang dapat ditempuh kurang dari 30 menit saja.

Uniknya pantai ini sangat dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Layaknya sebuah pelabuhan yang ramai dengan aktivitas bongkar muat, salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Nirwana ini adalah pada saat sore hari sambil menikmati pemandangan senja yang kekuningkuningan menyambut malam.

5. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis atau dalam bahasa setempat dikenal dengan nama Pantai Aie Manih. Inilah pantai yang legendenya amat terkenal sebagai tempat anak durhaka yang dikutuk menjadi batu.

Benar, kisah Malin Kundang inilah yang menjadi saksi sebuah perilaku seorang anak yang lupa terhadap ibu kandungnya sendiri.

Kisah Malin Kundang si anak durhaka begitu terkenal di Indonesia. Itulah mengapa orang tua kerap menceritakan kisah Malin Kundang agar tidak ada lagi anak durhaka yang dikutuk oleh ibu kandungnya.

Pantai Air Manis cukup indah karena memiliki karakter berkarang.

Selain itu pantai ini juga punya nilai wisata lainnya karena pengunjung bisa sekaligus menikmati pemandangan Gunung Padang yang tersusun rapi.

6. Museum Adityawarman

Jika ingin mengenal sejarah kota Padang tak ada salahnya jika berkunjung ke Museum Adityawarman.

Museum tertua di Padang ini dibangun sekitar tahun 1974. Hingga kini masih berdiri dengan bangunan rumah Padangnya yang khas.

Museum Adityawarman bahkan dijuluki sebagai Taman Mininya kota Padang. Pengunjung bisa berkeliling tempat wisata yang punya areal cukup luas sekitar 2.hektar.

Sebagai warisan yang tak ternilai, musum ini adalah warisan bagi anak cucu kelak agar mereka mengenal budaya dan nenek moyangnya sendiri.

7. Air Terjun Tingkat Tiga

Tak hanya pantai dan wisata bersejarah saja yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke kota Padang.

Salah satu tempat wisata alam di Padang yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Air Terjun Tingkat Tiga.

Nama tersebut memiliki alasan karena jika dilihat dari karakteristiknya, air terjun ini memiliki undakan-undakan sehingga disebut sebagai air terjun tingkat tiga.

Sayangnya tidak mudah untuk bisa mengunjungi air terjun indah ini karena medan jalan yang terjal.

Kecuali jika kamu termasuk penyuka hiking dan tracking.

Yakinlah tak akan cukup untuk menekplorasi semua keindahan di Padang hanya dalam sehari saja.

Pastikan memesan tiket hotel online dengan mudah langsung dari genggaman handphone kamu.

Sumber: reviewisata.com




Subscribe to receive free email updates: