Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit

LIPUTANTOP.COM - Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Alergi Pada Kulit, nah pada artikel ini akan dijelaskan mengenai Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit.

Bila seseorang menderita alergi, penting untuk berkonsultasi ke doketer.

Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit

Pertama, supaya segera bisa diketahui penyebab alerginya sehingga upaya pencegahan bisa dilakukan.

Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan untuk menghentikan reaksi alergi dan obat untuk menyembuhkan gejala atau dampak yang timbul akibat alergi.


Bila alergi sering berulang atau cukup parah, dokter akan menyarankan tes laborat untuk menemukan dan memastikan penyebab alerginya.

Karena adanya faktor genetis, alergi seringkali tidak betul-betul hilang, artinya bila kontak dengan bahan allergen, maka akan muncul alergi lagi dalam beberapa kasus bisa lebih parah.

Untuk itu, supaya mencegah kontak dengan allergen menjadi penting, dan hal ini bisa dilakukan bila sudah diketahui apa saja allergen nya.

Jadi, munculnya saran dari dokter untuk menghindari jenis makanan atau bahan tertentu, setelah dilakukan analisa atau tes allergen.

Namun seringkali di masyarakat berkembang pemahaman yang keliru yaitu bila seseorang menderita gatal-gatal berarti tidak boleh makan makanan yang ini itu yang jumlahnya bisa banyak sekali

Padahal belum tentu alergi terhadap bermacam-macam makan itu semuanya.

Mungkin hanya satu atau dua macam saja yang benar-benar menyebabkan alergi pada orang tersebut.

Dan yang menjadi allergen pada satu orang seringkali juga berbeda pada orang lain.

Secara medis ada beberapa upaya untuk mencegah alergi dengan cara desnitisisasi dan dengan pemberian vaksin anti alergi.


Sekalipun efektivitas masih belum maksimal dan biaya cukup mahal, tapi hal ini bisa menjadi alternatif terapi terutama bagi penderita dengan gejala alergi yang berulang, berat atau sangat mengganggu.

Sumber: Majalah alHaromain Edisi 123 Syawal, Penulis: dr.Nurhadji.



data-matched-content-rows-num="3" data-matching-content-columns-num = 3 data-matched-content-ui-type="image_stacked" data-ad-format="autorelaxed">